Selasa, 02 Oktober 2018

Matematika Diskrit Penarikan Kesimpulan , Aljabar Booelan dan Gerbang Logika

[ Tugas Kuliah ] Matematika Diskrit | Penarikan Kesimpulan, Aljabar Boolean dan Gerbang Logika

Tugas TI POLITALA Matdis 1A

Nama            : Vify Alaisia Melyani
Kelas             : 1A Teknik Informatika
NIM              : 1801301110
Matkul           : Matematika Diskrit Tugas 3
Semester        : Semester 1

        Penarikan Kesimpulan, Aljabar Boolean dan Gerbang Logika
                Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh ..............
      Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa itu penarikan kesimpulan, Aljabar Boolean dan Gerbang Logika.

A. Penarikan Kesimpulan (Inferensia)
     Dalam logika matematika / matematika diskrit dikenal beberapa cara penarikan kesimpulan, di antaranya:

1.          Modus Ponens
2.          Modus Tollens
3.          Penambahan Dusjungsi
4.          Penyederhanaan Konjungsi
5.          Silogisme Disjungsi
6.          Silogisme Hipotesis
7.          Dilema
   Penjelasannya:

      1. MODUS PONENS
          Modus ponens adalah metode penarikan kesimpulan apabila ada pernyataan "p → q" dan diketahui "p" maka bisa ditarik kesimpulan "q".

    Contoh dalam kalimat:
    p                    : Hari ini hari Kamis.
    q                    : Saya belajar Matematika Diskrit.
    p → q            : Jika hari ini hari kamis maka saya belajar Matematika Diskrit.
    p                    : Hari ini hari Senin.
    kesimpulan(q) : Saya belajar Matematika Diskrit.

    Tabel kebenaran modus tollens ((p → q) ʌ -q) → -p:

p
q
P --> q
( P-->q ) ^ p
(( p-->q) ^ p) --> q
B
B
B
B
S
B
S
S
S
S
S
B
B
S
S
S
S
B
S
S
 

  2. PENAMBAHAN DISJUNGSI
      Penarikan kesimpulan dengan menambahkan disjungsi didasarkan pada fakta yakni jika suatu kalimat dihubungkan dengan "v" maka kalimat itu akan bernilai benar jika sekurang-kurangnya salah satu komponennya bernilai benar.

    Contoh dalam kalimat:
    p                           : Saya mengambil mata kuliah Logika Matematika.
    q                           : Saya mengambil mata kuliah Inferensia.
    kesimpulan (p v q) : Saya mengambil mata kuliah Logika Matematika atau Inferensia.

    Tabel kebenaran penambahan disjungsi (p ʌ q) → (p v q):

p
q
p ^q
pvq
( p^q) --> (pvq)
B
B
B
B
B
B
S
S
B
B
S
B
S
B
B
S
S
S
S
B

 3. PENYEDERHANAAN KONJUNGSI
       Jika suatu kalimat dihubungkan dengan "ʌ" maka dapat diambil salah satu komponennya secara khusus.
    Contoh dalam kalimat:
    p ʌ q                  : Saya mengambil mata kuliah Logika Matematika dan saya mengambil mata kuliah Gerbang Logika.
    kesimpulan1     : Saya mengambil mata kuliah Logika Matematika dan Gerbang Logika.
Tabel kebenaran penyederhanaan konjungsi (p ʌ q) → p atau (p ʌ q) → q :
   
p
q
p ^q
pvq
( p^q) --> (pvq)
B
B
B
B
B
B
S
S
B
B
S
B
S
B
B
S
S
S
S
B




  4. SILOGISME DISJUNGSI
       Silogisme disjungsi adalah penarikan kesimpulan dimana jika diberikan dua pilihan "p" atau "q" sedangkan "q" tidak dipilih maka kesimpulannya yang dipilih adalah "p".

    Contoh kalimat:
    p v q              : Bulan ini saya akan mudik ke Yogyakarta atau pergi ke Bali.
    - q                  : Bulan ini saya tidak pergi ke Bali.
    kesimpulan(p) : Bulan ini saya mudik ke Yogyakarta.

    Tabel kebenaran silogisme disjungsi ((p v q) ʌ -q) → p  atau ((p v q) ʌ -p) → q:

p
q
P ^q
(p^q) àp
(p^q) àq
B
B
B
B
B
B
S
S
B
B
S
B
S
B
B
S
S
S
B
B

5 .SILOGISME HIPOTESIS
    Silogisme Hipotesis adalah jika diketahui "p → q" dan "q → r" maka kesimpulannya "p → r".

    Contoh kalimat :
    p                              : Saya belajar.
    q                              : Saya bisa mengerjakan soal.
    r                               : Saya lulus ujian.
    p → q                      : Jika saya belajar maka saya akan bisa mengerjakan soal.
    q → r                       : Jika saya bisa mengerjakan soal maka saya lulus ujian.
    kesimpulan (p → r) : Jika saya belajar maka saya lulus ujian.

    Tabel kebenaran silogisme hipotesis (p → q) ʌ (q → r) → (p → r):

p
q
P vq
~p
~q
(pvq)^ ~p
(pvq)^  ~p
((pvq)^ ~p)àq
((pvq)^ ~p)àp
B
B
B
B
B
S
S
B
B
B
S
B
B
S
S
B
B
B
S
B
B
S
B
B
S
B
B
S
S
S
B
S
S
S
B
B

6. DILEMA
    Dilema adalah penarikan kesimpulan jika diketahui "p v q" dan "p → r" dan "q → r" maka kesimpulannya adalah "r".

    Contoh kalimat:
    p                   : Hari ini Rizki ulang tahun.
    q                   : Kemarin Bambang juara LKS nasional.
    r                    : Saya akan ditraktir makan bakso.
    p v q             :  Hari ini Rizki ulang tahun dan Kemarin Bambang juara LKS nasional.
    p → r            : Jika hari ini Rizki ulang tahun maka saya akan ditraktir makan bakso.
    q → r            : Jika kemarin Bambang juara LKS nasional saya akan ditraktir makan bakso.
    kesimpulan(r) : Saya akan ditraktir makan bakso.

    tabel kebenaran dilema ((p v q) ʌ (p → r) ʌ (q → r)) → r:

p
q
r
P -->q
(P-->q)  ^ (q-->r)
p-->r
((p v q) ʌ (p → r) ʌ (q → r)) → r:
B
B
B
B
B
B
B
B
B
S
B
S
S
B
B
S
B
S
B
B
B
B
S
S
S
B
S
B
S
B
B
B
B
B
B
S
B
S
B
S
B
B
S
S
B
B
B
B
B
S
S
S
B
B
B
B


B. Aljabar Boolean
     Misalkan terdapat :
     1. Terdapat "dan", "atau", "not".
     2. 0 dan 1 adalah dua elemen yang berbeda.
     3. Himpunan yang didefinisikan pada operator +, ×, dan ’.

    Contoh NK dari :
    1.  a + b

a
b
a+b
1
1
1
1
0
1
0
1
1
0
0
0


  2. (ab)'

A
b
ab
(ab)’
1
1
1
0
1
0
0
1
0
1
0
1
0
0
0
1


3. Hari ini presiden RI dan 3 orang mentri negara ang sedang rapat tertutup di istana negara membahas isu kenaikan BBM yang akan meresahkan masyarakat. Hadir disana mentri perekonomian, mentri keuangan dan mentri sosial. Sayangnya rapat tertutup dan wartawan hanya bisa menunggu hasil dari luar ruangan rapat. Hampir 1 jam wartawan menunggu akhirnya pintu rapat terbuka.
Wartawan : "Bagaimana pembahasan rapat tadi pak?"
Menko      : "HArga BBM dinaikan atau harga bahan pokok melonjak"
Menku : "Jika harga bahan pokok melojak dan BBM dinaikan maka presiden didemo masal"
Mensos : "Pak presiden tidak akan di demo masal tetapi harga BBM tidak dinaikan".
Misalkan: P = Harga BBM di naikkan.
                Q = Harga Bahan pokok melonjak
                R = Presiden akan di demo masal.
                a = Tuliskan pernyataan dari tiap mentri ke dalam ekspresi logika ?
                b = Tuliskan tabel Kebenaran ?
                c = tentukan keputusan rapat bila ternyata hanya pak menko yang tidak berbohong tentang hasil rapat?
Penyelesaian :
a. Menko = p v q
    Menku = (q ^ p) --> r
    Mensos = ~r ^ ~p

b.  Tabel Kebenaran :

P
q
r
~p
~r
P v q
q v p
(P v q à r
~r ^ ~p
1
1
1
0
0
1
1
1
0
1
1
0
0
1
1
1
0
0
1
0
1
0
0
1
0
1
0
1
0
0
0
1
1
0
1
0
0
1
1
1
0
1
0
1
0
0
1
0
1
1
1
0
1
1
0
0
1
1
0
0
0
1
0
0
0
0
1
1
0
0
1
1


   c. p = 1 harga BBM dinaikkan
      q = 1 Harga bahan pokok melonjak
      r = 0 Presiden tidak di demo paksa

C. Gerbang Logika
     Gerbang-gerbang logika ialah dasar untuk membangun rangkaian elektronika digital.
Suatu gerbang logika mempunyai satu terminal keluaran dan satu atau lebih terminal
masukan.
  Jenis – jenis gerbang logika:
    1. Gerbang AND
        Gerbang logika menggunakan, gerbang AND akan bernilai output 1, jika seluruh input bernilai 1 jika salah satu input bernilai 0, maka output yang dihasilkan bernilai 0.
    2. Gerbang OR
        Gerbang OR menggunakan, akan memiliki output 1, jika salah satu input bernilai 1. namun, jika seluruh input bernilai 0, maka output akan bernilai .
    3.Gerbang NOT
        Gerbang NOT menggunakan IC 7404, memiliki input berkebalikan dengan output, misal input 1, maka output bernilai 0.


DAFTAR PUSTAKA


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar