Senin, 26 November 2018

IOT (Internet Of Things)

[ Tugas Kuliah ] Konsep Teknologi Informasi | Artikel IOT
Tugas TI POLITALA Konsep Teknologi Informasi 1A
Nama            : Vify Alaisia Melyani
Kelas             : 1A Teknik Informatika
NIM              : 1801301110
Matkul           : Konsep Teknologi Informasi
Semester        : Semester 1



IOT (Internet Of Things)

    A.   Pengertian IOT
Internet of Things (IoT) adalah suatu konsep dimana konektifitas internet dapat bertukar informasi satu sama lainnya dengan benda-benda yang ada disekelilingnya. Banyak yang memprediksi bahwa Internet of Things (IoT) merupakan “the next big thing” di dunia teknologi informasi. Hal ini dikarenakan banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan dengan teknologi Internet of Things (IoT) tersebut. Bagi Anda yang belum mengerti lebih jauh, Teknologi Internet of Things (IoT) diibaratkan dimana alat-alat fisik bisa terkoneksi dengan internet. Misalnya, Kulkas, TV, Mesin Cuci dan lainnya dapat di kontrol menggunakan smartphone untuk mematikan, menghidupkan dan kegiatan lainnya.
Adapun beberapa peranan IOT dari berbagai bidang yaitu : 
1. Bidang Pertanian 
              Bidang pertanian ini adalah Greader bidang pekerjaan yang paling banyak digeluti oleh penduduk Indonesia. Tanah Indonesia yang subur memang terkenal di seluruh penjuru negeri sehingga sangat memungkinkan bagi penduduk untuk mengolah tanah Indonesia. Meski awalnya penduduk menggunakan cara konvensional , sekarang bidang pertanian Indonesia pun sudah banyak yang menggunakan teknologi IoT.  yang membantu meningkatkan hasil pangan. Contoh yaitu: penyiraman tanaman otomatis,  pendeteksi penanggulangan hama, smart agriculture dan lain sebagainya.
           2. Bidang Kesehatan    
     Sejak dahulu penggunaan teknologi di bidang kesehatan memang selalu di perhatikan dengan ketat, karena bidang kesehatan berkaitan langsung dengan keselamatan dan kesehatan manusia. Namun teknologi IoT justru dapat membantu pekerjaan di bidang ini. Sebagai contohnya yaitu adanya teknologi pemantau pasien jarak jauh, sensor khusus yang dibuat pada sepatu untuk mengurangi nyeri pada kaki dan lain sebagainya.
               3.     Bidang keamanan
                Keamanan pasti menjadi hal yang sangat penting bagi setiap manusia. Di zaman sekarang tingkat kriminal semakin tinggi , baik keamanan diri mau pun keamanan harta benda. Teknologi IoT sangat berperan penting di bidang keamanan.
      Contoh: penerapannya yaitu remote control garasi melalui smartphone, alarm pendeteksi maling dan lain sebagainya.
               4.     Bidang pendidikan
               Teknologi dan pendidikan sangat berhubungan penting dalam meningkatkan kualitas para siswa – siswi penerus bangsa . karena itu semakin hari peningkatan kualitas pendidikan semakin di giatkan. Salah satu caranya yaitu dengan penggunaan IoT.
Contoh:  Sistem Monitor Untuk Anak Sekolah dan lain sebagainya
         5.     Bidang kelautan
              Bidang kelautan juga sudah mulai terjamah dengan teknologi IoT. Contoh Monitoring perahu nelayan saat sedang tidak melaut, Payung Florabrella yang dapat menginformasikan perkiraan cuaca bagi nelayan yang akan melaut dan banyak lagi.

B. IOT dan efeknya Untuk  Dunia Pendidikan.
      Pengaruh IoT ini juga memiliki efek lebih jauh lagi bagi para pelajar. Dalam pendidikan tinggi misalnya universitas, sebagai mahasiswa mungkin saat ini telah bosan dengan menggunakan buku, kebanyakan dari mereka lebih suka dengan teknologi seperti smartphone, tablet, laptop dan gadjet lainnya. Dengan IoT ini akses informasi yang mudah di akses dari mana pun dan kapan pun, akan membuat pelajar mampu mempelajari segala sesuatu yang baru. Bahkan akan mendorong para pelajar untuk mempelajari lebih lanjut lagi.
     Selain itu, IoT juga memberikan pekerjaan yang lebih efisien bagi para pengajar dan pelajar. Contohnya adalah, para pengajar mampu mengoptimalkan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh pelajar. Dengan menggunakan cloud, par apengajar juga mampu melihat hasil serta statistik masing-masing pelajar dengan informasi yang lebih cepat dengan cara mengumpulkan data hasil belajar.
     Selain itu, IoT juga mampu mengurangi biaya operasional sekolah, salah satu contoh sekolah yang sukses mengurangi biaya adalah Sekolah di New Richmonde, Tipp City, Ohio, Amerika Serikat. Dalam laporan, mereka mampu mengurangi sekitar USD128,000 setiap tahunnya dengan menggunakan sistem pembelajaran berbasis web-terpusat untuk mengontrol semua peralatan mekanik di sekolah.
   

C. Dampak “Internet Of Things” Pada kehidupan sehari  
    Adapun IOT terdapat pada lingkungan sehari-hari yaitu:
     1)    Perawatan mobil
     Semakin banyak mesin yang berbicara satu sama lain dan sistem yang berintegrasi, kita tak perlu lagi lupa mengganti oli mobil. Mobil pintar kita akan memberitahu kepada mekanik mana kala olinya harus diganti atau menambah tekanan angin pada ban. Dengan mereferensikan kalender, saran kunjungan ke bengkel akan dikirim kepada penggunanya untuk mengonfirmasi waktu dengan satu klik.
    2)    Memonitor kesehatan
        Ketika obat dokter sudah akan habis, perjanjian dengan dokter akan dibuat     
melalui botol RX terhubung. Dokter akan diberitahu terus seberapa sering dan 
kapan pasien meminum obat mereka. Dokter juga bisa memonitor tekanan  
darah dan kadar gula darah pasien.
    3)    Konsumsi energi
    Peralatan rumah tangga yang mengonsumsi energi tinggi akan disesuaikan berdasarkan sinyal harga dinamis untuk mengurangi jumlah tagihan listrik. Termostat dan pencahayaan akan mempelajari perilaku penghuni rumah untuk menciptakan pengaturan optimal berdasarkan kesehariannya. Misalnya, menyesuaikan suhu ruangan sebelum si penghuni sampai di rumah.
    4)    Mengemudi dan lalu lintas
      Menyetir menjadi lebih aman. Rambu lalu lintas akan mampu menyesuaikan dengan keadaan lalu lintas, misalnya saat ambulans melintas. Sensor jalan akan membuat perubahan batas kecepatan berdasarkan cuaca dan tingkat kecelakaan serta mengomunikasikan secara langsung ke dasbor mobil tentang kondisi jalanan yang tak aman.
     5)    Daftar belanja
       Kulkas pintar akan mengetahui kapan persediaan bahan pangan tinggal sedikit dan secara otomatis mengumpulkan daftar belanja bagi penggunanya.
     6)    Alarm pagi
       Rute jalan ke kantor dan cuaca akan memengaruhi waktu bunyi alarm. Ketika ada kecelakaan atau pembangunan jalan pada rute rutin, alarm kita akan bunyi lebih awal dan rute alternatif akan tersedia pada dasbor mobil. Mesin kopi turut menyesuaikan dengan waktu untuk memastikan pengguna menyeruput secangkir kopi di pagi hari.
Perubahan di atas adalah sebagian perubahan yang mungkin terjadi. Dengan meningkatnya jumlah produk “Internet of Things” dalam kehidupan, kita semua akan lebih terhubung dengan data dan mulai mengharapkan interaksi personal dengan merek dan ritel.

D. Manfaat IOT ( Internet Of Things ) 
      Manfaat IOT yaitu::
     1.     Monitoring Lingkungan
          IoT dapat berguna untuk “melihat” kondisi air secara real-Time di waduk, irigasi bagi para petani untuk informasi debit air masih banyak atau tinggal sedikit, di laut sebagai mitigasi bencana ke para pelaut dan nelayan. Para pelaku sektor real dalam mempertimbangkan kebutuhan mereka secara lebih tepat.Kebakaran hutan juga dapat di cegah dengan sistem pencegahan kebakaran yang terintegrasi, dengan data laporan titik panas dari satelit yang terhubung langsung ke sistem  penyemprotan air di titik lokasi kebakaran maka dapat lebih memungkinkan api di padamkan lebih cepat.
    2.     Pengelolaan Infrastruktur
         Contohnya untuk kereta api, IoT ini dapat dipakai untuk mendeteksi kondisi jalur kereta aman atau tidak untuk dilintasi, sehingga palang pintu kereta akan terbuka secara otomatis tanpa harus khawatir penjaga kereta sedang terlelap tidur.Untuk di pelabuhan,IoT dapat digunakan untuk manifestribuan barang dalam satu kapal atau container, sehingga data manifest dapat lebih cepat tersedia. Hal itu, memungkin untuk sistem monitoring pelabuhan yang berguna baik untuk operator pelabuhan maupun untuk pengguna.
3.     Sensor Peralatan 
         Kebanyakan biaya konsumsi peralatan di pertambangan diukur berdasar kapasitas dan pengalaman saja. Tetapi,dengan IoT perusahaan tambang dapat mengukur peralatan mana yang BBM nya sudah mau habis, berapa stok BBM disite, peralatan mana yang olinya harus di ganti, dan lain sebagainya sehingga dapat terukur secara cepat dan tepat. Hal ini sangat memungkinkan karena modulIoTdapat memberikan informasi langsung dari mesin atau peralatan di tambang.Demikian untuk di perkapalan, di pabrik industri dan juga tentunya di infrastruktur IT perkantoran modern.
 4.     Bidang Kesehatan 
         Kini peralatan kedokteran lebih dapat dihubungkan dengan internet sehingga lebih mudah dalam pengawasan, para dokter secara khusus dapat memantau kondisi pasien tanpa harus melakukan kunjungan ke kamar pasien tersebut.

D. Perkembangan IOT 
Dilansir Hackernoon, IoT mentransformasi industri dan membawanya ke tingkat baru. Industri ini meliputi layanan kesehatan, finansial, dan lainnya. IoT juga membawa pengaruh bagi perkembangan teknologi, baik kemunculan perangkat mobile maupun dari software yang terus ditingkatkan. 
     1.      Ekspansi Sejumlah Perangkat
IoT tentang semua perangkat terhubung yang bekerja bersama. Tahun depan, diharapkan ada lebih banyak perangkat terhubung yang bisa dinikmati oleh masyarakat. Tidak hanya tentang ponsel mobile dan laptop, tetapi juga muncul perangkat-perangkat pintar yang biasa dipakai sehari-hari. Perangkat tersebut seperti pintu pintar, smart locks dan lain-lain. IoT juga diharapkan tersedia tidak hanya dipakai oleh kalangan industri, tetapi juga penggunaan personal pada pemakaian harian. Ini mengarah pada konsep kota pintar, di mana semua proses akan didukung oleh IoT.

2.     Tingginya Penggunaan Perangkat Mobile
Untuk terhubung dengan perangkat pintar, pengguna harus memiliki perangkat untuk mengatur rumah pintar dan sebagainya. Oleh karena sejumlah pengguna mobile di dunia akan terus tumbuh dan semakin besar, maka diprediksi bahwa smartphone akan memiliki peran besar dalam IoT di masa depan.
3.     Platform Pemasaran yang Dipersonalisasi
Pihak pemasar mendapatkan manfaat karena akses informasi personal pengguna dan himpunan data yang besar. Dengan demikian, pemasar bisa lebih mampu menempatkan iklan secara lebih personal untuk pengguna, baik melalui ponsel mobile atau platform lainnya berdasarkan perilaku pengguna dan profil.Pendekatan ini akan mentransformasi hubungan antara pengguna dan pemilik produk, di mana perhatian ditekankan pada kebutuhan pengguna dan kalangan bisnis.
4.     Teknologi Keamanan
Dengan adanya perangkat terhubung dan IoT, maka akan mengarahkan pada sistem keamanan yang menjadi perhatian penting. Sebab, serangan siber bisa saja terjadi dalam waktu yang lebih sering dan semakin menimbulkan dampak buruk. Jadi, sebelum menerapkan semua inovasi yang direncanakan dalam kehidupan nyata, pertama-tama manusia perlu mempertimbangkan kemungkinan pelanggaran serta kerentanan keamanan dan memastikan bahwa data 100 persen aman.








Reference:







Tidak ada komentar:

Posting Komentar