[
Tugas Kuliah ] Konsep Teknologi Informasi | Artikel Aplikasi Startup
Tugas
TI POLITALA Konsep Teknologi Informasi 1A
Nama
: Vify Alaisia Melyani
Kelas
: 1A Teknik
Informatika
NIM
: 1801301110
Matkul
: Konsep Teknologi Informasi
Semester
: Semester 1
Startup
A. Pengertian Startup
Startup adalah struktur bisnis yang dimulai
untuk memecahkan permasalahan dengan menggunakan produk atau jasa layanan .Bisnis
ini biasanya di rintus oleh 1 sampai 3 orang yang fokus pada permintaan pasar
dengan mengembangkan produk, layanan atau platform yang baru. Pada tahap
pengembangan startup biasanya di modali oleh anggota pendiri walaupun terdapat
startup yang memperoleh pendanaan dari investor atau dana pinjaman untuk
permodalan. Biasanya perusahaan startup sangat identik dengan teknologi,
internet, web, dll.
Ada beberapa contoh dari aplikasi
startup yang berhasil antara lain :
1. Gojek
Perusahaan jasa transportasi online
ini pertama kali dirikan pada tahun 2010 oleh Nadien Makarim di jakarta.
Gojek merupakan salah satu contoh bisnis startup dengan pertumbuhan sangat
cepat dan telah menjadi Unicorn di Indonesia. Istilah Unicorn adalah sebutan
pada startup yang telah memiliki valuasi lebih dari $1 milliar. Perusahaan
startup ini bergerak dibidang transportasi online telah berhasil mengubah gaya
hidup sebagian masyarakat di Indonesia dengan menggunakan layanan transportasi
berbasis aplikasi.
2. Bukalapak
Perusahaan rintisan ini pertama
kali di launching pada tanggal 10 januari 2010 oleh Achmad Zaky yang
juga sebagai Founder dan CEO PT.Bukalapak saat ini. Bukalapak adalah salah satu
marketplace (pasar daring) terbesar dan terpopuler di Indonesia. Perusahaan
startup Indonesia ini menyediakan fasilital penjualan dari dengan sistem costumer
to costumer (C2C) dimana semua orang dapat membuka toko online secara
gratis. Kemudian pemilik took online dapat melayani pembeli di seluruh Indonesia
baik dalam jumlah satuan maupun pantai besar. Di bukalapak pengguna perorangan
ataupun perusahaan dapat membeli atau menjual berbagai produk baik bekas atau
baru.
3. Tokopedia
Secara
resmi Tokopedia didirikan pada tanggal 06 Februari 2009 dan diluncurkan ke
publik pada tanggal 17 Agustus 2018 oleh Willian Tanuwijaya dan
Leontinus Alpha Edison. Bersama dengan Bukalapak, saat ini Tokopedia telah
berhasil menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Dengan
menggunakan Tokopedia maka semua orang baik individu atau brand besar dapat
membuka dan mengelola toko online secara gratis. Tokopedia adalah startup
teknologi pertama di asia tenggara berhasil memperoleh pendanaan investasi
sebesar us$ 100 juta dari Sequoia Capital dan Softbank Internet
andMedia Ink.
4. Tiket.com
Tiket.com merupakan startup Indonesia yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, kereta api, hotel, tiket konser, dll yang
bebasis di Jakarta. Perusahaan ini pertama kali di dirikan pada bulan agustus
2011 oleh Wemas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, Natali Ardianto dan
Mikhael Gaery Undarsa. Pada awalnya perusahaan rintisan dicetuskan
oleh Wenas Agusetiawan dengan membeli domain Tiket.com lalu mengajak
beberapa temannya untuk merintis situs pemesana tiket pesawat dan kereta api. Tiket.com pada saat ini telah membuktikan sebagai salah satu situs booking online yang terpercaya di Indonesia.
5. OLX
"Caranya mudah, seller hanya perlu memasang
iklan di OLX dengan menggunakan hashtag #AmazingSeller. Makin banyak
iklan, makin banyak pula poin yang dikumpulkan, sehingga kesempatan menang akan
lebih banyak," kata Edward.
Ia mengatakan, program #AmazingSeller diselenggarakan mulai
17 Februari hingga 16 April 2017. Sementara, pengumuman pemenang dilakukan pada
26 April 2017.
Bagi penjual yang paling banyak mengumpulkan poin,
berkesempatan mendapat hadiah tunai dari Tunas Toyota berupa satu unit mobil
Toyota Calya. Tak berhenti di sana, OLX juga menghadirkan hadiah mingguan
berupa voucher dan barang menarik lainnya.
Edward mengatakan, program ini tidak berlaku bagi
professional seller. "Program #AmazingSeller menyasar penjual di kategori
individu, bukan seller profesional yang menjual jasa lamaran kerja,
properti, serta mobil bekas," tambah Edward.
Sementara itu, Head of Marketing Communication Tunas Group
Rahmada Rizki Pratama mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan OLX lantaran
punya visi yang sama, yakni mengembangkan aplikasi digital.
"Dengan kerja sama ini, Tunas Toyota berharap bisa
menjangkau pasar yang lebih luas, sebab OLX adalah platform iklan baris
terbesar Indonesia," kata Rahmanda dalam kesempatan yang sama.
Untuk diketahui, OLX kini telah memiliki jumlah pengguna
aktif per bulan sebanyak 20,1 juta users. Sedangkan jumlah penjualnya
mencapai 910 ribu sellers.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar