Rabu, 28 November 2018

Startup

[ Tugas Kuliah ] Konsep Teknologi Informasi | Artikel Aplikasi Startup
Tugas TI POLITALA Konsep Teknologi Informasi 1A
Nama            : Vify Alaisia Melyani
Kelas             : 1A Teknik Informatika
NIM              : 1801301110
Matkul           : Konsep Teknologi Informasi
Semester        : Semester 1
 Startup

A.   Pengertian Startup
     Startup adalah struktur bisnis yang dimulai untuk memecahkan permasalahan dengan menggunakan produk atau jasa layanan .Bisnis ini biasanya di rintus oleh 1 sampai 3 orang yang fokus pada permintaan pasar dengan mengembangkan produk, layanan atau platform yang baru. Pada tahap pengembangan startup biasanya di modali oleh anggota pendiri walaupun terdapat startup yang memperoleh pendanaan dari investor atau dana pinjaman untuk permodalan. Biasanya perusahaan startup sangat identik dengan teknologi, internet, web, dll.
     Ada beberapa contoh dari aplikasi startup yang berhasil antara lain :

        1. Gojek


             Perusahaan jasa transportasi online ini pertama kali dirikan pada tahun 2010 oleh Nadien Makarim di jakarta. Gojek merupakan salah satu contoh bisnis startup dengan pertumbuhan sangat cepat dan telah menjadi Unicorn di Indonesia. Istilah Unicorn adalah sebutan pada startup yang telah memiliki valuasi lebih dari $1 milliar. Perusahaan startup ini bergerak dibidang transportasi  online telah berhasil mengubah gaya hidup sebagian masyarakat di Indonesia dengan menggunakan layanan transportasi berbasis aplikasi.

         2. Bukalapak



 Perusahaan rintisan ini pertama kali di launching pada tanggal 10 januari 2010 oleh Achmad Zaky yang juga sebagai Founder dan CEO PT.Bukalapak saat ini. Bukalapak adalah salah satu marketplace (pasar daring) terbesar dan terpopuler di Indonesia. Perusahaan startup Indonesia ini menyediakan fasilital penjualan dari dengan sistem costumer to costumer (C2C) dimana semua orang dapat membuka toko online secara gratis. Kemudian pemilik took online dapat melayani pembeli di seluruh Indonesia baik dalam jumlah satuan maupun pantai besar. Di bukalapak pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli atau menjual berbagai produk baik bekas atau baru.


         3. Tokopedia



  Secara resmi Tokopedia didirikan pada tanggal 06 Februari 2009 dan diluncurkan ke publik pada tanggal 17 Agustus 2018 oleh Willian Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Bersama dengan Bukalapak, saat ini Tokopedia telah berhasil menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Dengan menggunakan Tokopedia maka semua orang baik individu atau brand besar dapat membuka dan mengelola toko online secara gratis. Tokopedia adalah startup teknologi pertama di asia tenggara berhasil memperoleh pendanaan investasi sebesar us$ 100 juta dari Sequoia Capital dan Softbank Internet andMedia Ink.


4. Tiket.com

 

Tiket.com merupakan startup Indonesia yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, kereta api, hotel, tiket konser, dll yang bebasis di Jakarta. Perusahaan ini pertama kali di dirikan pada bulan agustus 2011 oleh  Wemas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, Natali Ardianto dan Mikhael Gaery Undarsa.  Pada awalnya perusahaan rintisan dicetuskan oleh Wenas Agusetiawan dengan membeli domain Tiket.com lalu mengajak beberapa temannya untuk merintis situs pemesana tiket pesawat dan kereta api. Tiket.com pada saat ini telah membuktikan sebagai salah satu situs booking online yang terpercaya di Indonesia.


5. OLX


         "Caranya mudah, seller hanya perlu memasang iklan di OLX dengan menggunakan hashtag #AmazingSeller. Makin banyak iklan, makin banyak pula poin yang dikumpulkan, sehingga kesempatan menang akan lebih banyak," kata Edward.
Ia mengatakan, program #AmazingSeller diselenggarakan mulai 17 Februari hingga 16 April 2017. Sementara, pengumuman pemenang dilakukan pada 26 April 2017.
Bagi penjual yang paling banyak mengumpulkan poin, berkesempatan mendapat hadiah tunai dari Tunas Toyota berupa satu unit mobil Toyota Calya. Tak berhenti di sana, OLX juga menghadirkan hadiah mingguan berupa voucher dan barang menarik lainnya.
Edward mengatakan, program ini tidak berlaku bagi professional seller. "Program #AmazingSeller menyasar penjual di kategori individu, bukan seller profesional yang menjual jasa lamaran kerja, properti, serta mobil bekas," tambah Edward.
Sementara itu, Head of Marketing Communication Tunas Group Rahmada Rizki Pratama mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan OLX lantaran punya visi yang sama, yakni mengembangkan aplikasi digital.
"Dengan kerja sama ini, Tunas Toyota berharap bisa menjangkau pasar yang lebih luas, sebab OLX adalah platform iklan baris terbesar Indonesia," kata Rahmanda dalam kesempatan yang sama.
Untuk diketahui, OLX kini telah memiliki jumlah pengguna aktif per bulan sebanyak 20,1 juta users. Sedangkan jumlah penjualnya mencapai 910 ribu sellers.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar