Sabtu, 28 September 2019

IP Addtess


KONGFIGURASI IP ADDRES

IP Address dalam dunia jaringan merupakan sebuah bagian yang sangat penting. Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. IP Address bagaikan sebuah “alamat” atau nomor komputer di sebuah lingkup. Sebagai contoh dalam perumabah/komplek akan ada puluhan rumah di dalamnya.
Berikut adalah langkah kongfigurasi IP Address di debian sebagai berikut:
1.       Pastikan anda sudah login sebagi root. Jika belum ketikan perintah root isikan password root yang sesuai saat instalasi.
2. Kemudian, ketikan perintah  nano /network/interfaces  berikut untuk membuka konfigurasi ip address, contohnya seperti gambar di bawah ini:
 
3. Kemudia dia pindah halaman di file: /etc/network/interfaces kemudian ketikan seperti contoh gambar di bawah ini:
4. Kemudian silahkan tambahkan baris berikut untuk membuat IP Adddres , netmask, network dan broadcast. Maka akan menjadi seperti gambar di bawah ini:
 
5. Jika sudah di atur, kemudian save kongfigurasi dengan cara Ctrl + O kemudian tekan enter lalu clouse dengan tekan Ctrl + X . dan kemudia tampilannya akan seperti gambar di bawah ini :
6. Setal itu kita harus mengatur name server dan name searce dengan ketikan nano /etc/resolf/conf kemudian tekan enter. 
7. Kemudian kalian atur seperti gambar di bawah ini :
 
8. Setelah kalian sudah mengatur seperti gambar di atas , kemudian simpan klik Ctrl + O lalu tekan enter. kemudian clouse dengan tekan Ctrl + X kemudian tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.
9. Setelah semuanya sudah di atur, kemudian kalian bisa merestart IP Addres berikut. Dengan mengetikan service networking restart , lalu tekan enter.
10. Coba lihat konfigurasi yang dilakukan dengan perintah ifconfig.
 
Subnet Mask
Istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan network ID dengan host ID, menunjukkan letak suatu host, apakah berada di jaringan lokal atau jaringan luar.      
 Gateway 
       Komputer yang memiliki minimal 2 buah network interface untuk menghubungkan 2 buah jaringan atau lebih. Di Internet suatu alamat bisa ditempuh lewat gateway-gateway yang memberikan jalan/rute ke arah mana yang harus dilalui supaya paket data sampai ke tujuan. Kebanyakan gateway menjalankan routing daemon (program yang meng-update secara dinamis tabel routing). Karena itu gateway juga biasanya berfungsi sebagai router. Gateway/router bisa berbentuk Router box seperti yang di produksi Cisco, 3COM, dll atau bisa juga berupa komputer yang menjalankan Network Operating System plus routing daemon. Misalkan PC yang dipasang Unix FreeBSD dan menjalankan program Routed atau Gated. Namun dalam pemakaian Natd, routing daemon tidak perlu dijalankan, jadi cukup dipasang gateway saja.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar